Cara Install Windows 10

Cara Install Windows 10 Dengan Mudah Anti Ribet

Posted on

Windows 10 menjadi salah satu sistem operasi yang saat ini banyak digunakan. Hal ini karena tersedia berbagai macam fitur yang disediakan untuk Anda dan membantu Anda untuk semakin mudah dalam mengolah data ataupun yang lainnya.

Namun, seringkali tak sedikit dari Anda merasa bingung bagaimana cara install Windows 10 tanpa harus ada bantuan dari orang lain. Padahal, untuk menginstal Windows 10 ini sendiri bukanlah hal yang rumit seperti yang Anda pikirkan.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menginstall Windows 10 yang bisa Anda lakukan. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara install Windows 10 apa yang harus Anda lakukan, nah berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lengkapi terlebih dahulu sebelum memulai menginstal Windows 10.

Prosedur yang harus dilengkapi:

  • Anda harus menyiapkan software ataupun aplikasi pada laptop maupun komputer yang penting dan paling sering Anda pakai. Hal ini karena Windows sendiri memiliki setelan asli dengan program yang terbatas.
  • Untuk membantu memaksimalkan kinerja dari sistem Windows itu sendiri, wajib bagi Anda untuk menyiapkan driver windows terlebih dahulu meski nantinya akan dilakukan setelah instalasi selesai.
  • Cari tahu apakah processor yang Anda miliki 64 bit atau 32 bit.
  • Perhatikan pula apakah spesifikasi minimum PC telah memenuhi syarat atau belum.

Nah setelah Anda memperhatikan dan memenuhi beberapa persyaratan di atas, kini saatnya Anda memperhatikan bagaimana cara install Windows 10 yang mudah dan praktis. Tentu saja, cara yang bisa Anda lakukan ini tidak ribet dan tidak butuh waktu lama.

  1. Pertama, nyalakan laptop atau komputer. Jika Anda menggunakan flashdisk, maka masukkan flashdisk terlebih dahulu ke PC sebelum PC dinyalakan agar bisa terdeteksi.
  2. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengatur ‘Boot” atau “Booting” yang terdapat pada Menu BIOS ataupun UEFI (tampilannya bermacam-macam tergantung dengan merk).

Nah, Anda  bisa masuk ke dalam Menu BIOS dengan cara menekan tombol “Del” secara terus-menerus. Akan tetapi, jika tidak bisa Anda bisa menekan tombol F1/F2/F9/F10 secara bersamaan dengan Fn.
1.1 Cara Install Windows 10

Jika Anda sudah berhasil masuk kedalam Menu BIOS, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan mencari “Boot” dan memastikan Booting pertama menggunakan media seperti DVD ataupun Flashdisk.

  1. Setelah itu, Anda bisa memasukkan Windows 10 yang menggunakan drive optic sebagai media.
  2. Apabila Anda sudah melakukan pengaturan Boot yang sudah benar, selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu Anda bisa pilih ENTER untuk memulai proses instalasi.
    1.2 Cara Install Windows 10
  3. cara install Windows 10 selanjutnya yaitu dengan memilih Bahasa “English” lalu klik “Next”.
    1.3 Cara Install Windows 10
  4. Setelah itu, klik “install now”.
  5. Jika sudah, Anda bisa memasukkan “Product Key” Windows 10. (Jika belum punya klik “I don’t have a product key“)
    1.4 Cara Install Windows 10
  6. Klik “I Accept the license terms” lalu klik “Next”.
    1.5 Cara Install Windows 10
  7. Setelah itu, pilih “Custom: Install Windows Only (Advanced)” hal ini bertujuan agar terbebas dari virus.
    1.6 Cara Install Windows 10
  8. Selanjutnya, Anda bisa mengatur partisi, caranya ialah dengan mengganti partisi yang baru. Anda hanya harus menekan tombol Delete pada partisi lama dan diganti dengan yang baru.
    1.7 Cara Install Windows 10
  9. Setelah itu, Anda akan memulai proses transfer serta instalasi dengan cara yang praktis.
    1.8 Cara Install Windows 10
  10. Nah, bagi Anda yang menggunakan Flashdisk, maka wajib bagi Anda untuk melepas flashdisk saat proses restart agar tidak terulang.
  11. Jika sudah terjadi restart beberapa kali, maka Anda akan diminta untuk mengisikan data diri.
  12. Jika sudah, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
    Cara Install Windows 10
  13. Proses selesai.

Bagaimana? sangat mudah  bukan untuk cara install Windows 10 yang satu ini? bahkan Anda juga bisa mempraktekkannya sendiri. Nah, semoga informasi yang satu ini bermanfaat untuk Anda.

Gravatar Image
Halo nama saya Rudy, seorang pria berusia 21 tahun yang memiliki hobby dibidang teknologi. Saya akan berbagi pengetahuan saya di blog ini. Bagi Anda yang butuh bantuan bisa hubungi saya melalui Contact Us