Jenis-Jenis Lisensi Windows

Jenis-Jenis Lisensi Windows yang Bisa Anda Gunakan

Posted on

Siapa yang tak kenal dengan Windows? Ya, sistem operasi yang sangat user friendly satu ini memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation tersebut memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya.

Tak ayal, jika pengguna Windows ini semakin banyak setiap tahunnya. Nah, agar bisa berjalan dengan baik, tentu saja Anda membutuhkan Windows original. Dimana Windows original tersebut juga membutuhkan lisensi untuk meyakini keasliannya.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis lisensi Windows yang bisa Anda miliki? Buat Anda yang sudah merasa penasaran, berikut ini ada beberapa jenis lisensi dari Windows yang bisa Anda gunakan.

  1. Lisensi Retail/ Full Package Product

Nah, salah satu dari jenis-jenis lisensi Windows ialah Retail atau Full Package Product yang merupakan lisensi resmi dan bisa Anda gunakan. Lisensi yang satu ini bisa digunakan pada Microsoft Store ataupun beberapa toko retail lainnya. Jika Anda membelinya secara offline, Anda akan mendapatkan satu set dus yang berisi DVD atau flashdisk,kunci produk dan yang lain sebagainya.

Namun, jika Anda membelinya secara online, Anda akan mendapatkan Produk Key-nya saja. Lisensi ini bisa digunakan secara berpindah-pindah. Tak hanya itu saja, bahkan Anda juga bisa mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft. Dengan semua fasilitas yang akan Anda dapatkan tersebut, lisensi yang satu ini dibandrol dengan harga 2 jutaan.

  1. Lisensi Original Equipment Manufacture (OEM)

Selanjutnya yakni ada Original Equipment manufacture yang menjadi salah satu dari jenis-jenis lisensi Windows yang bisa Anda gunakan. Cukup berbeda dengan lisensi sebelumnya, lisensi yang satu ini hanya akan menempel pada hardware jadi tidak dapat dipindah-pindah. Namun, harga yang bisa Anda dapatkan dari lisensi yang satu ini cukup murah.

  1. Lisensi Volume

Selain kedua lisensi di atas, lisensi yang satu ini juga bisa Anda gunakan. Rupanya, volume merupakan lisensi yang digunakan untuk bisnis ataupun perusahaan yang mempunyai PC dengan jumlah lebih dari satu.

  1. Lisensi Bajakan(Crack)

Ini adalah jenis Windows yang paling banyak tersebar di internet dan paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia. Meskipun lisensi ini ilegal, namun tetap banyak peminat lisensi ini, tentunya karena gratis. Namun Anda harus waspada jika menggunakan Windows bajakan karena memiliki beberapa resiko berbahaya.

Nah, itulah 4 jenis-jenis lisensi Windows yang bisa Anda gunakan. Tentu saja, dengan menggunakan lisensi-lisensi tersebut, Anda bisa mengoperasikan Windows dengan aman. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah sekali-kali menggunakan lisensi bajakan, hal ini hanya akan membuat Anda terancam bahaya.

Gravatar Image
Halo nama saya Rudy, seorang pria berusia 21 tahun yang memiliki hobby dibidang teknologi. Saya akan berbagi pengetahuan saya di blog ini. Bagi Anda yang butuh bantuan bisa hubungi saya melalui Contact Us