Windows 10 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan Windows 10 32 Bit dan 64 Bit

Posted on

Meski Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di Indonesia, namun tidak sedikit pula orang yang tidak memperhatikan basis sistem yang digunakan. Sebenarnya, basis sistem dari Windows 10 itu sendiri sangat penting untuk Anda perhatikan. Hal ini karena akan sangat berpengaruh pada kinerja yang akan dihasilkan.

Selama ini, hanya ada dua basis sistem yang dimiliki, yakni Windows 10 32 bit dan 64 bit. Lalu, apa sajakah perbedaan yang harus Anda ketahui mengenai kedua basis sistem tersebut? Untuk membantu Anda menjawabnya, berikut ini ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui.

  1. Kompatibilitas Software

Nah, perbedaan pertama yang harus Anda ketahui yakni mengenai kompatibilitas software yang dimiliki. Dimana, Windows 32 bit tidak bisa menjalankan software yang ada pada Windows 64 bit. Namun, hal ini cukup berbeda dengan Windows 64 bit yang mana dapat digunakan untuk menjalankan software yang terdapat pada Windows 32 bit.

  1. Kemampuan Dalam Hal Memproses Data

Tak hanya itu, angka dari kedua basis sistem tersebut juga berpengaruh pada pemrosesan data. Dimana, Windows 64 bit dapat digunakan untuk memproses data lebih cepat jika dibandingkan dengan Windows 32 bit.

  1. Performa yang Dimiliki

Perbedaan lainnya dari Windows 10 32 bit dan 64 bit ialah, Windows dengan basis sistem 64 bit dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti video editing, desain dan lain sebagainya. Sementara itu, Windows 32 bit hanya bisa digunakan untuk membuka aplikasi yang tidak terlalu berat.

  1. Jumlah RAM

Nah, untuk jumlah yang dimiliki oleh masing-masing basis sistem juga berbeda. Dimana, 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan yakni kurang dari 4GB atau sekitar 3,2 GB, dan bisa digunakan lebih optimal jika menggunakan RAM 1 GB atau 2 GB. Namun, hal tersebut juga cukup berbeda jika Anda menggunakan 64 bit dimana dapat digunakan untuk membaca hingga lebih dari 4 GB RAM.

Selain perbedaan yang harus Anda ketahui mengenai Windows 10 32 bit dan 64 bit diatas, penting juga bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing dari basis sistem tersebut. Nah, kiranya apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui dari Windows 10 32 bit dan 64 bit tersebut? Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

Windows 10 32 Bit

Kelebihan:

  1. Bisa digunakan secara optimal meski dengan RAM 2 GB
  2. Sangat compatible dengan driver yang memiliki versi lama
  3. Dapat digunakan untuk menjalankan software serta aplikasi lawas dengan menggunakan basis 16 bit.

Kelemahan:

  1. Tidak dapat dipakai untuk software yang berat seperti After Effects
  2. Tidak dapat digunakan untuk RAM lebih dari 4GB
  3. Hanya memiliki sedikit software terbaru dan compatible.

 

Windows 10 64 Bit

Kelebihan:

  1. Sangat cocok digunakan untuk menjalankan software terbaru dan mengutamakan grafis
  2. Bisa digunakan untuk menjalankan software 32 bit
  3. Menjadikan kinerja prosesor lebih optimal
  4. Lebih cepat serta lebih efisien.

Kekurangan:

  1. Tidak bisa digunakan untuk PC versi lama

Itu dia perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari Windows 10 32 bit dan 64 bit itu sendiri. Tentu saja, hal ini akan membantu Anda memilih mana yang cocok untuk Anda gunakan. Jika Anda memiliki PC ataupun software dengan versi lawas, maka Windows 10 dengan basis sistem 32 bit merupakan basis sistem yang cocok untuk Anda gunakan.

Hal ini cukup berbeda jika Anda memiliki PC dan software terbaru. Tentu saja, Windows 10 64 bit jauh lebih cocok. Tak hanya itu, performa yang dimiliki juga sangat baik dimana dapat Anda gunakan untuk membuka aplikasi berat.

Gravatar Image
Halo nama saya Rudy, seorang pria berusia 21 tahun yang memiliki hobby dibidang teknologi. Saya akan berbagi pengetahuan saya di blog ini. Bagi Anda yang butuh bantuan bisa hubungi saya melalui Contact Us